Menu Close

UU Keamanan Hong Kong Disahkan, Apakah China Semakin Otoriter?

UU Keamanan Hong Kong Disahkan, Apakah China Semakin Otoriter?

UU Keamanan Hong Kong Disahkan, Apakah China Semakin Otoriter? – Ketika Beijing mengumumkan akan memberlakukan undang-undang keamanan nasional di Hong Kong enam minggu lalu, banyak orang takut undang-undang itu dapat memperluas jangkauan otoriter China di atas kota semi-otonom dan merusak aturan hukumnya. Beberapa pejabat Hong Kong mencoba meredakan kekhawatiran itu, meskipun mengakui bahwa mereka belum melihat rancangan undang-undang – yang ditulis di balik pintu tertutup di Beijing. Namun, dengan teks lengkap undang-undang akhirnya tersedia untuk pembedahan, sejumlah ahli hukum telah menemukan ketakutan terburuk mereka dikonfirmasi.

UU Keamanan Hong Kong Disahkan, Apakah China Semakin Otoriter?

(Ini) bahkan lebih buruk daripada skenario terburuk yang saya perkirakan, “Eric Cheung, seorang sarjana hukum di Universitas Hong Kong, mengatakan di Facebook beberapa jam setelah undang-undang itu dirilis Senin malam, menambahkan undang-undang itu” penuh fitur dari Sistem hukum sosialis Tiongkok, dan terpisah dari semangat dan bahasa hukum dari hukum umum Hong Kong. Sejak penyerahannya ke Cina pada tahun 1997, Hong Kong telah mempertahankan sistem hukum adat yang diwarisi dari 150 tahun wilayah tersebut di bawah kekuasaan kolonial Inggris. Peradilan yang independen dan aturan hukum yang kuat telah lama dianggap sebagai kunci keberhasilan kota ini sebagai pusat keuangan global.

Undang-undang keamanan nasional

Para pejabat Hong Kong dan Beijing berargumen bahwa undang-undang itu perlu dan sudah terlambat, dan berjanji itu hanya akan memengaruhi minoritas kecil warga Hong Kong, sambil mengembalikan “stabilitas dan kemakmuran” ke kota. Undang-undang keamanan nasional adalah langkah penting untuk mengakhiri kekacauan dan kekerasan yang telah terjadi selama beberapa bulan terakhir, “Carrie Lam, kepala eksekutif kota, mengatakan Rabu.” Ini adalah undang-undang yang telah diperkenalkan untuk menjaga keamanan Hong Kong. Undang-undang tersebut sah, konstitusional, dan masuk akal. Pejabat China menekankan bahwa hukum keamanan nasional “dibuat khusus” untuk Hong Kong, dan berbeda dari versi Cina yang diberlakukan di daratan. Namun dalam banyak hal, undang-undang tersebut masih memiliki kemiripan yang serius. Dan masyarakat internasional untuk menghormati hak negara untuk menjaga keamanan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *